Batasan Tegas dan Lembut pada anak



Pertanyaan

untuk poin tegas dan lembut saat melatih anak untuk disiplin bagaimana contoh perkataan atau tindakan yang harus dilakukan? dan mulai usia berapa kita melatih anak untuk disiplin?

Jawaban

Kita biasakan untuk membuat standar yang akan digunakan dirumah, untuk menetapkan kebijakan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan.
Variabel yang terkait dengan kebijakan bersih, rapi, baik, boleh dan tidak boleh bisa jadi berbeda satu rumah dengan rumah yang lainnya. InsyaaAllah ada standar yang memudahkan, yaitu saat kita menjadikan panduan adab dan akhlak kehidupan seorang muslim seperti yang telah dicontohkan Rasulullah SAW.

Setelah kita memiliki standar, selanjutnya disosialisasikan, disampaikan kepada seluruh penghuni rumah, baik yang menetap maupun yang membantu sesekali ya.

Stop meminta anak atau suami melakukan sesuatu yang sebelumnya belum pernah kita komunikasikan ya, hal ini akan menurunkan level misperception diantara penghuni rumah, InsyaaAllah

Melatih disiplin bisa dimulai sangat dini (silakan lihat di materi pada tab free download.pen)
Share on Google Plus

About Anonymous

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment