Tanya Jawab Seputar Parenting

sahabat anak indonesia


Tanya

Kalau benar selama ini saya sudah salah "selalu memarahi&membentak"  anak, karena saya kurang sabar menghadapi anak saya, anak saya sudah 5th, apakah masih bisa saya merubah memory anak saya dan menghilangkan kebiasaannya yang meniru marahnya saya,?

Jawab:

 Insyaallah bisa dan ada caranya
1. Menonton bersama video klip parenting
2. Menulis kan kembali isi buku parenting
3. Membuat poster poster tentang parenting
4. Mengajak pasangan merekayasa pola asuh anak, agar menikmati proses bukan hasil

Noted :
Tidak boleh marah kecuali yang prinsip dengan syarat : sudah dididik dan diteladani dengan baik, ketika anak sudah usia 10 tahun ke atas, dan pastikan itu memang hal yang prinsip untuk marah.
Karena hukum dasar marah adalah tidak boleh.

Laa taghdhab walakal Jannah
Jangan marah bagimu surga.

Anak usia 2-7 tahun wajar jika ia tantrum (marah marah ndk jelas) ia berteriak karena meniru kita.
Ketika anak tantrum. Pastikan dulu kita sudah menenangkan diri. Dengarkan emosi mereka.

Jika mereka nangis atau marah. Silahkan nangis dulu nanti kalo sudah tenang ngomong sama bunda ya, jauhkan dari benda keras dan tajam. Peluk dari arah belakang. Dan berlaku adil pada anak.

Kalimat tegas jelas, jangan membandingkan dan tidak boleh menggunakan kata 'mengalah'. Cukup ditegaskan ulang apa yang terjadi dan ajarkan adab yang seharusnya . Penting proses bukan hasil (mereka berhenti bertengkar atau diam)

Setelah reda marahnya, reframing (membingkai ulang) katakan pada anak : maafkan mama pernah marah yang mungkin bikin kakak sakit hati (raba dadanya) jadi sedih (tampang wajah sedih), mama kemarin khilaf, seharusnya tidak meluapkan emosi seperti itu. Mama akan berusaha untuk berubah, enggak marah-marah lagi (harus konkrit, sebutkan contoh situasi pemicu kemarahan) dan kakak bantu mama juga ya supaya mama gak marah

Selamat mencoba

Share on Google Plus

About Anonymous

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment