Bagaimana mengajak anak mau membereskan mainan??


Pertanyaan

Ummi anak saya suka membuat mainannya berantakan dengan sengaja, kalau ditanya "kenapa diberantakin mainanannya?" dia akan jawab "karena saya suka berantakan", bagaimana ya cara mengajaknya agar mau membereskan mainannya?

Kemudian jika anak tidak mau membereskan mainannya konsekuensi apa yang tepat ya, agar anak mau mengerjakan?

Jawab

Coba kasih area tempat anak boleh mengeksplorasi mainannya dan minta mereka main di dalam area itu saja. Kita sampaikan secara asyiik ya bun.. karena fitrah anak-anak memang bermain. Jangan sampai kita menganggap bahwa target kita setelah punya anak adalah rumah rapi kinclong, tetapkan standar sendiri ya bun

Fase usia 0-7 tahun adalah saat kita melakukan pembiasaan, jangan berharap kita bisa panen pengasuhan di masa ini. Artinya baru juga nanam kita udah pengen liat sempurna seperti ekspektasi kita.

Setelah fase 0-7 tahun, di usia 8-15 tahun kita baru boleh melakukan pendisiplinan termasuk memberikan konsekuensi.

Sekarang yang perlu dilakukan adalah terus tanpa bosan mengingatkan. Kita juga membutuhkan waktu membangun kebiasaan baik hingga menjadi karakter.
Anak-anak juga gitu bun... bersabar sebentar ya, masa kecil mereka ini ngga akan lama. InsyaaAllah kalau kita membersamai mereka dengan penuh kesabaran, doa dan tak kenal bosan, InsyaaAllah pada masanya anak akan mampu men-drive diri mereka dengan baik.

Jangan berharap implementasi anak-anak atas direction (arahan) yang kita berikan bisa diekskusi 100% seperti ekpektasi kita ya bun..

Tugas kita memperkenalkan, terus dikuatkan dengan dorongan positif.
Share on Google Plus

About Manuel

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment