Speech delay 2


Pertanyaan

Assalamualikum wr wb

Anak saya laki-laki usia 17 bulan, beberapa terakhir ini mengucapkan kata hanya dengan isyarat dan bunyi "uuu" "aaaa" dan sebelumnya dia sudah mengucapkan beberapa kata seperti papap (panggilan kepada ayahnya) tapi akhir-akhir ini dia jarang lagi mengucapkannya. Apakah ada pengaruh dari penggunaan 2 bahasa ketika dirumah dalam memicu speech delay?

Jawaban

Ananda memasuki fase II ya bun, holaflastik yaitu bisa mengucapkan 2 kata misal "mimi mamam" maksud nya "ummi mau makan" nah ini harus disampaikan pada ananda ya bun dijelaskan "maksudnya dede mau makan?" kalau seperti itu anak belajar "oia bunda mengerti bahasa saya tapi ada kata yang lebih jelas".

Jika sekarang ananda tidak mau mengucapkan lagi 2 kata, ada beberapa stimulasi di slide (materi speech delay yang bisa diunduh di tab free printable.pen)

Untuk penggunaan 2 bahasa bukan menjadi pengaruh yang paling besar tapi, tapi faktor yang paling berpengaruh yaitu kita jarang mengajak ananda untuk berbicara dengan jelas dan membetulkan cara berbicara ananda, jadi tugas bunda sudah jelas ya untuk usia 1-2 tahun ananda bisa mengucapkan dua kata, jadi silkan bunda menstimulasi ananda untuk dapat menyebutkan 2 kata dengan jelas.
Share on Google Plus

About Manuel

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment