Apakah menyetel lagu membuat anak speech delay?



Pertanyaan


Saya mau bertanya, anak saya usia 14 bulan baru berbicara, Tatata, Lalala, nen, Bah. Apakah wajar?
Dan untuk bicara vokal selalu "a" saja tidak pernah ada huruf vokal "i/u/o/e (nen saja)".

Apa mungkin ini efek saya suka menyetelkan lagu anak-anak, ketika saya tinggal masak didapur. Soalnya saya Full time dirumah dan tidak menggunakan ART, jadi supaya anak mau ditinggal saya setelkan lagu-lagu di TV.

Paling lama saya tinggal 2 jam setelah selesai saya ajak main keluar atau main didalam rumah. Saya takut cara saya salah dan malah membuat anak jadi speech delay.

Tetapi jika cara saya menyetelkan lagu ke anak masih dalam kategori aman. Kira-kira adakah cara supaya anak bisa mengucapkan kata Ayah/mama/kata lainnya? Mohon pencerahan Bunda


Jawaban

Sebetulnya bunda sering menyetelkan lagu di TV itu bagus ya untuk stimulasi pendengarannya namun bunda juga perlu dalam beberapa jam mengajak ananda berbicara langsung, jadi bisa mengajarkan A, I, U, E,O melihat langsung mulut bunda saat mengucapkannya.

Untuk aman atau tidaknya ini tergantung ya bun, jika memang seharian full disetel lagu tanpa anak di touch sama sekali tentu akan memudahkan untuk gelaja speech delay tapi jika hanya sesekali saja disetelkan dan bunda tetap mengajak interaksi ananda insyaaAllah tidak akan terkena speech delay.

Jadi intinya harus tetap diimbangi ananda melihat bunda berbicara, dan bagaimana stimulasi yang bisa dilakukan agar anak bisa mengucaokan 2 kata, bisa bunda lihat di slide (materi klik di sini), disitu dijelaskan bagaimana menstimulasi untuk mencegah speech delay.
a, namun
Jawaban:pray:
Share on Google Plus

About Anonymous

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment