Anakku speech delay gara-gara TV



Pertanyaan

Anak saya sekarang usia 3 tahun 10 bulan, saat umur 1 tahun terlalu banyak menonton film sehingga sekarang terkena speech delay.

Saat ini dia banyak bicara namun pelafalannya belum jelas, belum jelas mengucapkan 'r', 'l', 's', 'f', 'x', huruf gabung ('ny', 'ng'), dan beberapa huruf mati di akhir kata.
Jika dia belum benar pronounce nya, saya koreksi dengan mengucapkan per suku kata pelan-pelan sehingga dia mengikuti.

Pertanyaan saya, apakah ada cara lain mengatasi speech delay selain cara di atas? kemudian bagaimana tips mengurangi tv & gadget untuk anak bagi yang ibunya bekerja?


Jawaban

Stimulasi mengucapkan per suku kata sudah baik ya bun, ada beberapa slide yang saya sampaikan untuk stimuasinya (materi, klik di sini) namun jika bunda ingin segera masalahnya terpecahkan bunda bisa langsung mendatangi terapis wicara atau ke dokter tumbuh kembang anak dulu untuk mengetahui therapi apa yang tepat.

Ada beberapa therapi yang saya sampaikan di materi pada slide halaman 21-28.

Bagi anak yang ibunya bekerja, selama ibu bekerja misal anak dipegang oleh pengasuh atau saudara, pertama samakan persepsi dengan penjaga anak mengapa tidak boleh menoton TV terlalu lama, kemudian sediakan kegiatan-kegiatan yang menunjang anak agar bisa aktif berkegiatan dirumah.

Contohnya seperti Homeschooling preschooll dengan media-media belajar yang bisa dilakukan dirumah.
Share on Google Plus

About Anonymous

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment