HIJRAH PARENTING

hijrah parenting

Saat mendengar hijrah parenting apa yang terlintas? Bingung,
sudah tau atau siap-siap melaksanakan?
Hijrah bukan sebatas fisik saja ya bun, yang tidak berhijab jadi berhijab, yang terbuka jadi tertutup..
Hijrah adalah berubah menjadi lebih baik untuk segala hal.. Begitupun dengan parenting.. Pernah dengar istilah parenting is about wiring??
Ya, parenting adalah keterkaitan (wiring) dengan pola asuh orang tua yang kita dapat waktu masih anak-anak, ini akan berdampak pada bagaimana kita mengasuh anak..
Jika masa kecil kita diasuh dengan kebahagiaan maka kitapun akan mengasuh anak kita dengan hal yang sama.. Tapi jika kekerasan yang kita dapat semasa anak-anak, lantas bagaimana?
Tega kah kita pada anak melakukan hal yang sama??
Yuk putus rantai yang tidak baik itu, lakukan hijrah parenting mulai sekarang..
Bagaimana kita bisa memutus dengan wiring masalalu kita?
  1. Taubat, memohon ampun pada Allah bahwa kita telah salah dalam mendidik anak dan akui saja bahwa kita memang tidak pernah mencari ilmu untuk menjadi orang tua.
  2. Memohon maaf pada anak, meskipun anak usianya masih kecil namun jangan salah ia mampu merekam semua yang dia lihat, ketika kita baik padanya, ketika kita marah padanya bahkan ketika kita merangis dia rekam semua, dan hal itulah yang disebut dengan wiring, maka jika kita sebagai orang tua melakukan kesalahan pada anak hendaknya meminta maaflah padanya, peluk dia dan katakan betapa kita sangat menyesal telah melakukan hal yang kurang menyenangkan baginya, kemudian berusahalah untuk berubah dan bangun komunikasi yang positif dengan anak.
  3. Memaafkan orang tua kita, bagaimanapun orang tua kita lah yang telah berjasa membentuk pribadi kita sampai dengan tahap seperti ini, tentu saja tidak semua didikan orang tua kita benar 100% tentu akan ada kurangnya, inilah momen kita untuk memaafkan pola asuh mereka yang salah, berilah udzur pada mereka mungkin pada saat itu mereka belum tahu mengenai ilmu parenting, berbeda zaman dengan kita yang saat ini dengan mudah mendapatkan informasi apapun ketika membuka internet..
  4. Upgrade ilmu, jangan bosan untuk belajar karena belajar merupakan kewajiban bagi seorang muslim, install anak dengan hal yang baik dan upgrade diri kita dengan ilmu, terus belajar.

Moment yang tepat tahun baru, semangat baru..
1 Muharram 1440 H
Share on Google Plus

About Manuel

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment